TELAGA MAS DIBILIK SUDUT SELATAN KOTA


Tulungagung juga punya Bandung sebagai kecamatan yang tepat diselatan jauh jantung kota. Berbatasan dengan kawasan Trenggalek, kawasan tersebut sejatinya merupakan daerah yang letaknya dilereng gunung Sebalor. Sejuk dan rindang, begitu kiranya jika digambarkan pesona kawasan Bandung yang turut mempunyai eksotisme bernama Kali Emas. Sebuah sungai yang mengairi bebatuan berkapur dan menjadi cadangan air utama warga gunung Sebalor.

Baru diketahui keberadaanya sekitar tahun 2012, kawasan Kali Emas sejatinya dulu dianggap warga wingit dan tak satu pun orang berani menyentuh ekosistem disana. Sampai satu ketika, melalui bantuan informasi seorang traveler, kawasan tersebut kemudian dibuka oleh pemerintahan kabupaten dan hingga kini dijadikan destinasi wisata. Unik memang, peran warga seolah digambarkan telat dalam mengetahui kawasan tersebut, meskipun sebenarnya tidak.

Dibenarkan salah satu juru kunci yang kami temui, jauh sebelum dijadikan kawasan wisata, kawasan tersebut konon pantang untuk diganggu oleh masyarakat. Pohon pring (bamboo) begitu tumbuh lebat, memayungi salah satu gugusan batu terang tempat mengalirnya air dari tanggul yang letaknya pada ketinggian gunung Sebalor. Kemagisan kian diperkuat dengan cerita masa lalu dimana ada seorang putri sakti dalam pelarian konon menjatuhkan kondenya dikawasan tersebut. Jadilah kemudian gugusan batu yang sayu kemuningnya dianggap penjelmaan bongkahan emas itu.


Sebuah pesona yang sejuk hening ditanah Bandung, selatan Tulungagung. Dengan cuma-cuma ke kemudian dapat kita nikmati. Lengkap dengan ornament-ornamen indahnya, kamu akan disulap menuju dimensi lain, berharap jika renang disana bagi yang lajang lekas mendapat jodoh dan bagi yang sedang susah, gundah gulana hatinya langsung segar fikiranya dan lekas dapat inspirasi untuk berkarya. 

Writer: Akbar Dedy Pratama